HOME

Kemen. KOMINFO RI

Pemkab. NATUNA

Natuna MEDIA

Home Berita 5 (LIMA) PELABUHAN DI NATUNA AKAN DIBANGUN PEMERINTAH PUSAT

5 (LIMA) PELABUHAN DI NATUNA AKAN DIBANGUN PEMERINTAH PUSAT

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab. Natuna Bpk. Wan Siswandi, S.Sos. M.Si. mengatakan, permohonan pengajuan usulan pembangunan pelabuhan di sejumlah daerah di Kabupaten Natuna melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2013, dipenuhi pemerintah pusat.

Disampaikan dari usulan yang diajukan antara lain : Pelabuhan Pulau Laut nilai anggarannya Rp 60 miliar, Pulau Subi Rp 60 miliar, Pulau Midai Rp 50 miliar, Pulau Serasan Rp 60 miliar dan Pelabuhan Penagih Rp100 miliar. Proses pembangunan dilakukan secara bertahap selama 2 tahun.

“Alhamdulilah usulan yang kita sampaikan ke Pemerintah Pusat (Jakarta) sudah mulai dikerjakan. Kedepan Pelabuhan Serasan sudah bisa sandar kapal Bukit Raya (Pelni), Pelabuhan Midai bisa sandar kapal Binaya (kapal barang), pulau laut juga demikian. Untuk Pelabuhan Penagih, kita akan menambah 100 meter, dengan demikian kapal barang tidak terlalu lama antri untuk bongkar muat barang,” papar Bpk. Wan Siswandi, Kamis (14/11) saat ditemui di kantor.

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab. Natuna (khususnya Bidang Perhubungan Laut) masih membidik satu lagi target, yaitu pembangunan Pelabuhan Samudera yang rencananya akan dibangun di Teluk Buton. Pelabuhan tersebut diharapkan kedepan bisa menjadi alternatif parkir dan berbagai aktifitas, dikarenakan pelabuhan kapal internasional di Batam yang kini mulai padat.

“Target kita melihat peluang Batam yang mulai padat dengan kapal kapal besar dari luar negeri. Natuna sebagai daerah lintasan internasional diharapkan kapal yang melintasi Natuna bisa singgah dan melakukan aktifitas yang bisa menjadi pemasukan PAD daerah. Kita juga ada aktifitas pengeboran minyak, nantinya bisa sandar di sana (Pelabuhan Samudera)". 

Disampaikan juga oleh Bpk. Wan Siswandi, S.Sos. M.Si. rasa terimakasihnya atas pencapaian target pembangunan kepada pemerintah Provinsi Kepri, yang telah membantu mendorong pihak pemerintah pusat, sehingga pembangunan pelabuhan bisa terealisai. “Untuk pulau yang belum mendapatkan jatah pembangunan pelabuhan diharapkan bersabar. Saat ini skala prioritasnya pulau pulau yang jauh dulu. Kalau seperti Pulau tiga masih dekat ke Lampa. Tapi secara bertahap kedepan akan dibangun juga,” pungkas beliau.

(Sumber : Admin)

Statistik Kunjungan

Kami punya 35 tamu online

August 2017
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2