HOME

Kemen. KOMINFO RI

Pemkab. NATUNA

Natuna MEDIA

Home Berita Taruna PKTJ Tegal Melakukan Presentasi Hasil Peraktek Kerja Profesi dan Laporan Kinerja Keselamatan Transportasi Jalan di Kabupaten Natuna

Taruna PKTJ Tegal Melakukan Presentasi Hasil Peraktek Kerja Profesi dan Laporan Kinerja Keselamatan Transportasi Jalan di Kabupaten Natuna

NATUNA- Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna menerima Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi jalan (PKTJ) Tegal untuk melaksanakan Praktek Kerja Profesi.

Sebanyak 5 orang peserta PKP yang terdiri dari dua orang perempuan dan 3 laki-laki lebih kurang selama 2 minggu melaksanakan Praktek Kerja Profesi. PKP tersebut dibimbing langsung oleh Kepala Bidang Darat.

Adapun kegiatan PKP diantaranya adalah melaksanakan praktek peningkatan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Kabupaten Natuna yang diantaranya berupa survey lapangan. Disini Taruna dituntut untuk dapat melihat dan menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan dalam upaya peningkatan keselamatan transportasi jalan di Kabupaten Natuna. Serta dapat menunjukkan dimana banyak terdapat titik-titik rawan akan kecelakaan di jalan-jalan yang ada di Kabupaten Natuna yang berakibat dapat menimbulkan kecelakaan di jalan raya.

Salah satu upaya untuk menekan laju kecelakan di jalan raya adalah dengan penambahan rambu-rambu di titik-titik rawan akan kecelakaan, pelebaran bahu jalan dan lain sebagainya. Dengan demikian diharapkan mampu untuk mengurangi angka kasus kecelakaan yang terjadi di jalan raya apa bila sudah direalisasikan nanti.

Dari kasus kecelakaan yang kerap terjadi di Kabupaten Natuna berdasarkan hasil penelitiannya diperoleh berasal dari kendaraan roda dua, dan antar kendaraan roda dua, tidak sedikit dari kecelakaan tersebut yang merenggut nyawa alias meninggal dunia.

Atas hasil PKP yang diperoleh selama 2 minggu di lapangan, para Taruna kemudian mempresentasikan hasil PKP nya di hadapan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si.

Atas apa yang telah dicapai dan dipresentasikan tersebut, menurut Wan Siswadi cukup baik. Apa yang ditemukan dan disarankan oleh peserta PKP menjadi bahan masukan bagi Dishubkominfo untuk melakukan perbaikan ke depan dalam upaya peningkatan keselamatan transportasi jalan. Namun diutarakan ada beberapa usulan perbaikan memang tidak serta merta dapat segera dilakukan karena menyangkut anggaran. Tapi apa yang disarankan menjadi perhatian Dishubkominfo, khususnya Bidang Darat.

(Ditulis oleh : Handi/Sumardi)*

Statistik Kunjungan

Kami punya 53 tamu online

June 2017
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1