HOME
Home Berita Pemkab Natuna Gelar Pertemuan dengan Kementerian Perikanan Bahas Perkembangan Budi Daya

Pemkab Natuna Gelar Pertemuan dengan Kementerian Perikanan Bahas Perkembangan Budi Daya

Ranai. Bupati Natuna, diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan, Drs. H. Izwar Asfawi dan beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna mengadakan pertemuan dengan Direktur Usaha Budidaya Kementerian Perikanan RI yang dihadiri juga pengusaha ikan sekitar kota Ranai, di di ruang rapat kantor Bupati Natuna, selasa (07/10) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Izwar Asfawi menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan daerah di sektor perikanan, tujuan yang ingin dicapai tidak lain adalah memajukan serta mengoptimalkan pemberdayaan potensi kelautan dengan melibatkan para pengusaha perikanan setempat, diantaranya melalui pengembangan sektor perikanan budidaya seperti ikan napoleon, kerapu, keranga, rumput laut dan lain-lain yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat Berhubung Kabupaten Natuna 99,25% terdiri dari kelautan dan kaya dengan hasil laut.

Dikatakan pula bahwa sektor perikanan ikan budidaya memiliki peluang pengembangan yang cukup menjanjikan mengingat permintaan pasar yang tinggi dari Hongkong dan Cina. Namun penyelenggaraannya harus selalu disandarkan pada peraturan kerjasama antar negara serta dalam budidaya harus juga memperhatikan kelestarian beberapa jenis ikan yang dikategorikan sebagai jenis ikan langka.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Usaha Budidaya Kementerian Perikanan RI, Ir. Balok Budiyanto.MM juga menyampaikan bahwa saat ini kegiatan Kementerian Kelautan dan Perikanan diselenggarakan di Kabupaten Natuna sebagai wilayah prioritas untuk mengembangkan 5 pulau terluar (perbatasan), melalui pembangunan pelabuhan, dan penetapan zonasi kawasan pesisir nelayan.

Selanjutnya ada juga Program Seratus Juta Benih yang akan dikucurkan di Kabupaten Natuna mengingat kondisi dan karakter geografisnya sangat sesuai, serta dalam upaya melibatkan beberapa pengusaha ikan budidaya yang sudah lama beroperasi, seperti di Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat.

Namun demikian agar hasil program dapat dicapai sebagaimana yang diharapkan, KKP akan menyelenggarakan pelatihan Budidaya bagi nelayan pesisir yang selama ini melakoni pencarian ikan hidup/budidaya.

 

(Ditulis oleh :Endang/Santi)*

 

Statistik Kunjungan

Kami punya 53 tamu online

December 2017
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6