HOME
Home Berita Pembentukan Kampung Siaga Bencana

Pembentukan Kampung Siaga Bencana

Ranai. Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah model pendekatan penanggulan bencana berbasis masyarakat untuk berubah pola pikir dan pola tindak masyarakat dalam penanggulan bencana yaitu melalui upaya mempersiapkan masyarakat agar lebih mampu mengelola kerentanan, ancaman dan resiko diwilayahnya sesuai potensi lokal melalui proses perencanaan, pengorganisasasian, penyelenggaraan dan pengendalian.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna Drs. H. Ilyas Sabli M. Si dalam sambutannya pada kegiatan Apel Geladi Lapang dan Simulasi KSB di Lapangan Bola Kaki Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur beberapa waktu lalu.

Bupati menjelaskan bahwa untuk mewujukan maksud dan tujuan diatas, organisasi pelaksana yang terlibat sebagai personil KSB harus mampu melakukan kolaborasi, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder yang terdapat dilingkungan setempat, baik unsur pemerintahan, swasta, LSM, relawan dan masyarakat pada umumnya.

Melalui kegiatan KSB ini diharapkan dapat terkondisi masyarakat yang berdaya dan lebih siap sebagai subjek maupun objek pembangunan, karena masyarakat akan ditempatkan sebagai pihak pertama dan utama dalam penanggulan bencana sebelum datangnya batuan lain.

Selanjutnya kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi kesempatan sangat baik bagi mengumpulkan informasi dan keterampilan bagi penanganan bencana di Desa Sepempang khususnya, dan dapat disebarluaskan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat desa lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan,Drs. Firdaus melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan program Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang sudah dua kali dilaksanakan di Kabupaten Natuna. Adapun jumlah keseluruhan peserta KSB 150 orang.

(Ditulis oleh : Arf/Santi)*

 

Statistik Kunjungan

Kami punya 19 tamu online

October 2017
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4