HOME
Home Berita Upacara HUT RI Ke-70 di Kabupaten Natuna

Upacara HUT RI Ke-70 di Kabupaten Natuna

 

Ranai. Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 Senin (17/8) dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Natuna. Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 dilaksanakan di Pantai Kencana dengan suasana penuh hikmat yang dipimpin langsung Bupati Natuna Drs. H. Ilyas Sabli,M.Si, selaku Inspektur Upacara. Untuk teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Natuna.

Adapun peserta upacara (barisan) terdiri dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Satuan Pemadam Kebakaran, Perwakilan dari Guru-guru dan Instansi Vertikal, Perwakilan Pegawai Negeri Sipil, Organisasi RAPI, Mahasiswa dan Pelajar Tingkat SMU/Sederajat dan SMP/Sederajat yang berada di Kecamatan Bunguran Timur.

Sementara itu di podium mimbar upacara diisi oleh anggota FKPD, Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Para Kepala SKPD, serta di kanan kiri podium di isi oleh tokoh-tokoh masyarakat, perwakilan organisasi perempuan, pemuda, para pejabat esselon, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Suasana hikmat mengiringi berjalannya peringatan detik-detik proklamasi. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan detik-detik proklamasi juga menarik minat masyarakat untuk menyaksikan rangkaian prosesi upacara.

Masyarakat tampak tertib menyaksikan rangkaian prosesi upacara berlangsung. Kerumunan warga masyarakat semakin tampak memenuhi di area sekitaran lapangan upacara di saat detik-detik sang saka merah putih dikibarkan. Karena menurut mereka itulah yang ditunggu dan dinanti-nantikan dalam upacara hari kemerdekaan tersebut.

“Inilah yang ditunggu-tunggu, yaitu pengibaran bendera merah putih oleh paskibraka, ada rasa bangga tersendiri ketika melihat anak-anak pelajar kita yang ikut berperan penting dalam perayaan hari kemerdekaan republik Indonesia.”ungkap Ibu Ria salah satu warga yang ikut menyaksikan upacara berlangsung.

Selain rangkaian prosesi pengibaran bendera, upacara peringatan hari kemerdekaan RI di Kabupaten Natuna juga diisi dengan aktraksi kesenian, yang dibawakan oleh Para Pelajar SMU Negeri 1 Bunguran Timur atau yang dikenal dengan sebutan SMANSA melalui Parade Marching Band. Selain itu juga tampil pencak silat dari Perwakilan TNI AD.

Jatuh Pingsan.

Teriknya cuaca membuat peserta upacara yang berada di barisan, banyak yang tidak kuat. Tampak beberapa peserta upacara pingsan dan kelelahan dan akhirnya dibawa keluar barisan upacara. Beberapap orang tanpa di tandu petugas yang sudah siaga di belakang barisan para peserta upacara.

Meskipun beberapa orang peserta upacara banyak yang keluar barisan karena sakit, namun kondisi ini tidak membuat riuh barisan, karena peserta yang lain dengan sigap mengganti teman-temannya yang keluar dari barisan, sehingga barisan tetap terjaga rapi sampai upacara selesai digelar.

(Ditulis oleh : Sumardi/ Handi)*

 

Statistik Kunjungan

Kami punya 52 tamu online

December 2017
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6