HOME

Kemen. KOMINFO RI

Pemkab. NATUNA

Natuna MEDIA

Home Berita STQ ke VI Provinsi Kepualauan Riau di Natuna Pawai Ta'ruf Pamerkan Budaya Kafilah

STQ ke VI Provinsi Kepualauan Riau di Natuna Pawai Ta'ruf Pamerkan Budaya Kafilah

RANAI. Ibu Kota Natuna, Selasa (12/5) pagi tampak semarak. Ribuan orang dengan memakai busana khas melayu dengan beraneka warga memadati sepanjang jalan ibu kota Ranai. Ya pada hari Selasa, kemaren digelar lanjutan acara STQ ke VI Provinsi Kepulauan Riau di Kabupaten Natuna. Setelah pada malam sebelumnya dilaksanakan acara malam Ta’ruf bagi seluruh kafilah yang mengikuti STQ ke VI, maka pada paginya seluruh kafilah unjuk kemampuan dan seni melalui aktraksi Pawai Ta’ruf.

Tujuh kafilah tampaknya tak mau kalah bersaing satu sama lainnya. Masing-masing kafilah tampak berusaha menampilkan budaya melayu terbaik yang mereka punya melalui pakaian, maupun aktraksi dan hiasan mobil yang ditampilkan bersama dalam pawai Ta’ruf. Seolah semuanya ingin menegaskan semboyan yang berbunyi “ Tak Kan Hilang Melayu di Bumi”.

Pawai Ta’ruf sendiri diadakan di Pantai Kencana. Ribuan orang yang hadir mengikuti Pawai Ta’ruf dan beraneka mobil hiasan yang mengiringi pawai Ta’ruf menyebabkan panitia pelaksana membagi dua rute perjalanan pawai. Untuk kafilah yang berjalan kaki arak-arakan kafilah berjalan dari Pantai Kencana menyusuri jalan Soekarno-Hatta hingga simpang empat dekat Masjid Jami. Kafilah kemudian bergerak menuju Jalan Soedirman, terus melalui simpang 3 Puskesmas Jalan Hang Tuah dan berhenti di lapangan bola dekat SMP Negeri 1 Ranai.

Sedangkan untuk pawai mobil hias dilaksanakan dengan menempuh rute Jalan Soekarno-Hatta, Soedirman,Sihotang ,Pramuka, dan kembai ke Jalan Soekarno-Hatta menuju Datok Kaya Wan Mohad. Benteng dan berakhir di Masjid Agung Natuna sebagai sentral dari kegiatan STQ ke-VI.

Acara Pawai Ta’ruf ini juga dihadiri Gubernur Kepulauan Riau HM. Sani beserta istri, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri, Pimpinan dan anggota DPRD Natuna, unsur FKPD, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Natuna, alim ulama dan pemuka masyarakat, unsur pemu dan masyarakat Ranai.

(Ditulis oleh : Wan Gutmi)

 

Statistik Kunjungan

Kami punya 12 tamu online

August 2017
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2